Minggu, 23 Juli 2017

Panduan Cara Cetak Kartu SIM PKB atau Kartu Identitas GTK

Nasional.net - Banyak dari guru-guru di Indonesia termasuk pengawas sekolah yang saat ini sedang kebingungan tidak tahu bagaimana cara mencetak kartu SIM PKB atau Kartu Identitas GTK, padahal salah satu cara untuk membuktikan bahwa guru atau pengawas sekolah sudah menjadi bahagian dari anggota komunitas GTK yaitu harus memiliki Kartu SIM PKB atau Kartu Identitas GTK yang diterbitkan langsung oleh Dirjen GTK melalui aplikasi SIM PKB Guru.

Nah maka dari itu banyak saat ini guru dan pengawas di sekolah yang sudah menjadi anggota dari komunitas GTK tetapi belum memiliki Kartu Identitas GTK masing-masing, padahal bagi setiap guru dan pengawas disekolah wajib memiliki Kartu SIM PKB atau Kartu Identitas GTK guna untuk memastikan bahwa benar guru tersebut sudah menjadi bahagian dari komunitas GTK.


Lantas pasti banyak bapak/ibu guru yang bertanya bagaimana cara memiliki Kartu SIM PKB atau Kartu Identitas GTK? Sebenarnya untuk memiliki Kartu SIM PKB atau Kartu Identitas GTK itu sangatlah mudah, bapak/ibu sekalian bisa mencetak sendiri Kartu SIM PKB atau Kartu Identitas GTK melalui akun SIM PKB milik bapak/ibu masing-masing.

Sebenarnya cara untuk mencetak Kartu SIM PKB atau Kartu Identitas GTK itu juga sudah banyak di share di grup WhatsApp dari komunitas guru, kepala sekolah, ataupun pengawas sekolah. Akan tetapi jika bapak/ibu sekalian masih belum tahu bagaimana cara mencetak Kartu SIM PKB atau Kartu Identitas GTK bisa mengikuti panduan tutorial cara Cetak Kartu SIM PKB atau Kartu Identitas GTK yang sudah admin bagikan dibawah ini.

Panduan Cara Cetak Kartu SIM PKB atau Kartu Identitas GTK

  • Langkah yang pertama yaitu Masuk/Login ke akun SIM PKB milik bapak/ibu masing-masing melalui aplikasi app.simpkb.id atau bisa langsung KLIK DISINI
  • Jika sudah login klik Menu, kemudian pilih pada menu PROFILKU atau bisa juga lihat pada komunitas anda dan klik pada menu Cetak Kartu Anggota

  • Perhatian: Sebelum anda mencetak kartu Anggota harap perhatikan foto profil anda apakah foto profil anda sudah terpasang atau belum jika foto profil anda belum terpasang silahkan upload foto profil anda terlebih dahulu. Untuk menganti foto caranya klik pada icon pensil disaping foto profil, kemudian akan terbuka fitur ubah foto klik file dan ungah foto anda dengan ukuran foto 250 X 250 Pixel atau 250 X 300 Pixel atau maksimal ukuran file 100KB.
  • Setelah itu klik pada Menu Data Komunitas klik pada icon Pinter guna untuk mencetak kartu Anggota ( Cek pada gambar diatas)
  • Kemudian bapak/ibu sudah bisa print kartu anggota tersebut, berikut contoh Kartu Anggoa Komunitas PKB Guru:
  • Nah perlu di perhatikan pada Menu Profile ini terdapat informasi detail kontak milik bapak/ibu sekalian. Jadi sebaiknya alamat email di isi dengan alamat email milik bapak/ibu sekalian yang nantinya akan berguna jika bapak/ibu lupa password dari akun SIM PKB, bapak/ibu bisa menforgot password atau klik menu lupa password dan password bapak/ibu sekalian akan dikirimkan ke alamat email yang sudah bapak/ibu cantumkan pada menu profile. Jadi pada menu alamat email tersebut jangan diisi dengan alamat email orang lain harus menggunakan alamat email pribadi bapak/ibu masing-masing.

Demikianlah panduan cara cetak Kartu SIM PKB atau Kartu Identitas GTK yang dapat kami bagikan untuk bapak/ibu sekalian, semoga dengan adanya tutorial artikel ini dapat membantu bapak/ibu yang sedang mengalami kesulitan untuk mencetak kartu SIM PKB atau kartu Identitas GTK karena kami sudah memberikan solusinya disini. Sekian dari kami terimakasih semoga bermanfaat dan jika ada hal yang ingin ditanyakan anda dapat bertanya melalui kolom komentar yang sudah admin sediakan dibawah.

Source Images: Blog Aina Mulyana