Kamis, 24 Agustus 2017

Buku Saku SIM PKB Guru 2017 (Info dan Tanya Jawab)


Nasional.net - Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau biasanya yang lebih dikenal dengan singkatan PKB menjadi salah satu kalimat yang paling sering didengar oleh para guru di Indonesia, kehadirannya tak lain dan tak bukan memang telah lama di nanti-nanti oleh para guru sejak berakhirnya Guru Pembelajar. Oleh karena itu dengan adanya PKB perlu bagi PTK untuk mengenal dan memahami perihal penting terkait hal tersebut dalam Buku Saku SIM PKB Guru yang merangkum berbagai macam pertanyaan dan jawaban yang sudah tersedia di dalamnya serta berbagai macam informasi penting tentang Pengenmbangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) ini.

Jika bapak/ibu masih bingung dan kesulitan untuk memahami bisa melihat informasi dan tanya jawab yang ada dibawah ini agar dapat mempermudah bapak/ibu untuk memahaminya.

Apakah PKB itu?

PKB adalah singkatan dari Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang merupakan salah satu program utama yang saat ini dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, khususnya untuk mengembangkan keterampilan intruksional dan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang diampu.

Siapa Saja Peserta Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan?

Guru yang dapat mengikuti program ini adalah:
  • Profil hasil UKG-nya menunjukkan terdapat 3 s.d 10 kelompok kompetensi dengan nilai di bawah KCM (65). Apabila guru tersebut belum atau telah mengikuti UKG namun dengan mata pelajaran/paket keahlian/jenjang yang tidak sesuai, maka guru tersebut diwajibkan mengikuti tes awal menggunakan sistem UKG.
  • Terdaftar dalam Komunitas GTK.
  • Berada di wilayah yang tersedia akses/jaringan internet (khusus peserta moda daring atau daring kombinasi).
  • Bersedia melaksanakan pembelajaran dengan kemauan / komitmen tinggi untuk menyelesaikan setidaknya 2 KK dengan nilai paling rendah dan atau 2 modul prioritas yang ditentukan oleh penyelenggara pada kurun waktu 1 tahun.

Apa itu SIM Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan?

SIM PKB merupakan salah satu Sistem Informasi Manajemen yang digunakan pada Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan PKB saat ini. Program ini merupakan alat penghasil informasi yang mana nantinya dapat berguna mengelola data dan sebagai pusat pengaturan layanan bagi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Apa Nama/Link Websitenya?

Website: https://sim.gurupembelajar.id atau https://app.simpkb.id

Bagaimana Cara Memiliki Akun? 

Sudah UKG 2015
Untuk memiliki akun dapat dilakukan dengan melakukan registrasi akun SIM PKB Guru

Belum UKG 2015

Bagi yang belum mengikuti UKG 2015 akun dapat dimiliki dengan cara mencarinya secara mandiri dengan mencari nomor peserta di sistem.

Bagaimana Jika Lupa Password?

Banyak dari peserta yang tidak ingat dengan password akun mereka masing-masing, tapi jangan khawatir jika PTK lupa password, anda dapat menghubungi pihak yang ada dibawah ini untuk mereset password agar password bisa kembali
  • Ketua Komunitas
  • Operator Dinas Kabupaten/Kota/Provinsi
  • Admin UPT (P4TK/LP3TK)

Mengapa Kita Harus Melakukan Verval Satmikal dan Mapel?

Semua anggota peserta SIM PKB Guru wajib melakukan Verval Satmikal dan Mapel. Hal ini dilakukan agar setiap data yang tersimpan didalam aplikasi SIM PKB Guru tidak ada bentrok akan matapelajaran atau juga tidak sesuai atau salah jenjang/mapel saat mengikuti program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Terus Bagaimana Jika Ingin Merubah Data Satmikal dan Mapel? 

Memang pastinya setiap data yang di input itu ada kesilapan bahkan di semua kegiatan ada kesilapan termasuk salah satunya dari data anggota PTK belum tentu semua sesuai dengan data asli para PTK dan pasti ada kesalahan tertentu yang tidak diketahui seperti jenjang dan mapel yang tidak sesuai dan lain-lain. Jika data yang PTK tidak sesuai dengan jenjang atau mapel, anggota PTK tidak perlu khawatir karena setiap data yang ada pasti bisa diubah termasuk bagi PTK yang datanya salah di input bisa diubah dengan mudah.

Jika data PTK sudah diubah dan data tersebut sudah tersimpan maka otomatis akan muncul surat pengajuan perubahan data PTK, jika PTK yang terkait memang benar-benar melakukan perubahan data jenjang/mapel:
  • Wajib melapor ke Admin Disdik Kabupaten/Kota/Provinsi tempat PTK tinggal dengan membawa Surat Pengajuan Perubahan Data tersebut.
  • Perubahan data akan dinyatakan selesai apabila Disdik Kabupaten/Kota/Provinsi tempat Anda melapor telah menyetujui surat perubahan data dengan membubuhi Tanda Bukti Persetujuan Perubahan Data pada surat tersebut.
Ada beberapa hal yang benar-benar harus diperhatikan ketika ingin melakukan perubahan data sekolah induk/satminkal atau Mapel yakni:
  • Jika ada dari anggota PTK yang pindah sekolah keluar wilayah atau daerah lain yang berbeda kota/provinsi bahkan pindah sekolah ke jenjang yang berbeda dari SMP ke SMA, akan tetapi sudah terdaftar di POKJA di wilayah jenang pendidikan yang lama, maka otomatis PTK yang bersangkutan tersebut di wajibkan untuk meminta kepada ketua POKJA agar bisa dikeluarkan dari POKJA.
  • Secara otomatis system akan mendeteksi apabila terjadi perubahan data jenjang/mapel, selanjutnya system akan meminta PTK yang bersangkutan untuk melakukan pemutakhiran data mapel.

Siapa yang Wajib mengikuti Tes Tahap Awal? 

Tes tahap awal adalah ujian kompetensi bagi para PTK untuk memperoleh Profil Kompetensi Guru. Tes tahap awal ini wajib diikuti bagi semua PTK yakni dengan syarat:
  • Belum mengikuti UKG 2015
  • Sudah melakukan pemutakhiran (Perubahan) Jenjang & Mapel
Perhatian: 
Bagi anggota PTK yang sudah memiliki status Mentor/IN di SIM PKB melakukan perubahan pada jenjang/mapel dan melaksanakan tes tahap awal, makka secara otomatis status mentor/IN PTK tersebut akan terhapus alias ter-reset.

Demikian informasi artikel tentang Buku Saku SIM PKB Guru 2017 dengan info tanya jawab yang dapat admin berikan untuk rekan guru sekalian, semoga dengan adanya informasi dari artikel ini dapat membantu bapak/ibu sekalian yang kesulitan dan kebingungan akan informasi yang terkait dengan SIM PKB Guru dan apa saja persyaratan dari SIM PKB Guru 2017 tersebut. Sekian dari admin terimakasih sudah mau berkunjung ke situs admin yang sederhana ini.