Kamis, 14 September 2017

Cara Cek Sinkronisasi Data Dapodik Paud Dikmas Ke Server Pusat


Nasional.net - Aplikasi dapodik paud dikmas versi 3.1.0 baru saja diterbitkan dan tentunya masih banyak rekan guru pengajar yang belum menggunakan aplikasi dapodik paud versi terbaru ini. Akan tetapi dari semua ada satu permasalahan yang saat ini masih banyak menghantui para rekan guru pengajar yang masih kebingungan lantaran baru saja menggunakan aplikasi dapodik paud versi terbaru.

Salah satu kebingungan tersebut yaitu apakah aplikasi dapodik paud versi terbaru yang baru saja digunakan ini datanya sudah tersinkronisasi ke server pusat apa belum? nah tentu ini yang sering di pertanyakan oleh rekan guru pengajar paud sekalian lantaran takut data yang di input tersebut tidak terkirim ke server pusat benar bukan?

Nah oleh karena itu bagi rekan guru yang saat ini sedang kebingungan tidak tahu bagaimana cara melihat data yang di input pada aplikasi dapodik paud apakah sudah terkirim ke server pusat apa belum bisa mengikuti langkah-langkah panduan cara melihatnya dibawah ini.

Panduan Cara Cek Sinkronisasi Data Dapodik Paud Dikmas ke Sever Pusat


Langkah Pertama: Silahkan akses situs resmi dari kemdikbud disini: http://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/

Langkah Kedua: Jika sudah kemudian klik pada menu "Daftar Pengiriman" yang terdapat pada sidebar kiri laman website kemdikbud

Langkah Ketiga: Kemudian silahkan masukkan: Rentang Waktu, Kata kunci/NPSN, Propinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Status sesuai data sekolah yang hendak di cek

Langkah Keempat: Pada langkah yang terakhir ini kamu tinggal klik pada menu "Tampilkan" Selesai

Bagaimana sobat mudah bukan cara melihat apakah data yang kita input di aplikasi dapodik paud dikmas sudah terkirim atau tersinkronisasi ke server pusat. Akan tetapi perlu di ingat ada beberapa bagian penting yang harus kamu ketahui terlebih dahulu seperti dibawah ini:

Perhatian: 

  1. Jika data sekolah tidak muncul padahal sudah sinkron aplikasi Dapodik Paudnya, coba ulangi lagi paling tidak 1x24 karena biasanya server memerlukan waktu untuk update data terbaru 
  2. Jika aplikasi Manajemen Paud diatas sulit/tidak bisa dibuka, silahkan cek kembali pada waktu diluar jam sibuk.
Nah demikianlah artikel ini admin buat dengan sebaik-baiknya agar mudah dipahami oleh rekan guru pengajar paud sekalian, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu rekan guru yang saat ini sedang kebingungan tidak tahu cara melihat apakah data sudah terkirim keserver pusat.