Minggu, 17 September 2017

Cara Tarik Peserta Didik (PD) Online dari TK untuk Siswa Baru Kelas 1 SD


Nasional.net - Cara tarik Peserta Didik (PD) online dari TK untuk Siswa baru kelas 1 SD, Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips kembali tentang cara tarik online PD untuk siswa baru khususnya untuk tingkat SD kelas 1, Jika diantara Anda ada yang menjadi operator sekolah pasti solusi ini sangat cocok untuk digunakan. Dengan cara ini kita bisa mempermudah operator sekolah dalam menginputkan data siswa baru.

Pengertian PD secara online.

Tarik data peserta didik secara online sudah ada di dapodik pada tahun 2015, tetapi menu tarik PD ( peserta didik) tersebut, hanya digunakan untuk siswa yang mutasi, bukan untuk siswa baru, pada Aplikasi Dapodik terbaru versi 2018 ini serta bertepatan dengan tahun ajaran baru di tahun 2017/2018, fitur tarik peserta didik secara online bisa kita digunakan untuk siswa baru kelas 1 SD, tentunya dengan persyaratan siswa tersebut sebelumnya telah terdaftar di Aplikasi Dapodik PAUD. Apabila diantara siswa tersebut belum terdaftar atau tidak sekolah ditingkat TK/PAUD maka tidak akan bisa untuk tarik PD secara online.

Berikut tahapan demi tahapan cara tarik Peserta Didik Online dari TK untuk siswa baru kelas 1 SD. 


  • Pertama kali yang Anda (operator sekolah) bisa lakukan ialah dengan cara ogin terlebih dahulu melalui link berikut ini http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/usr/in/ops
  • Yang kedua setelah tampil menu login operator sekolah silahkan masukan user dan pasword (User dan pasword Anda sama persis dengan user login Aplikasi Dapodik).
  • Yang ketiga Anda bisa login menggunakan nomor registrasi sekolah.
  • Setelah Anda berhasil login lihat pada bagian kiri ada menu tarik Peserta Didik, silahkan klik maka akan muncul tampilan seperti berkut ini : 
  • Kemudian Anda Masukan Identitas nama TK peserta didik yang akan di tarik secara online (Propinsi, kabupaten, Kecamatan dan nama sekolah).
  • Isikan identitas siswa tersebut pada bagian bawah (NISN, Nama PD, nama Ibu)
  • Setelah semua terisi identitas peserta didik silahkan klik cari peserta didik. maka akan muncul dibagian konfirmasi.
  • Tahapan Terakhir klik konfirmasi proses mutasi.


Silahkan Anda lakukan tahapan di atas berulang-ulang untuk semua siswa baru kelas 1, jika sudah dikonfirmasi semua kemudian lakukan sinkronisasi atau generate ulang prefill dapodik dan lakukan registrasi ulang, maka secara otomatis siswa baru tersebut akan masuk kedalam daftar peserta didik di aplikasi dapodik kita.

Jika penyampaian cara di atas masih belum bisa di pahami silahkan Download panduang lengkapnya DISINI 

Demikian tahapan tentang Cara tarik Peserta Didik Online dari TK untuk Siswa baru kelas 1 SD, semoga bermanfaat untuk kita semua, jangan lupa untuk dibagikan kepada teman-teman agar mempermudah atau meringankan pekerjaan kita.