Minggu, 15 Oktober 2017

Cara Mengisi Nilai UKG di Aplikasi Dapodik Untuk Integrasi SIM PKB Guru


Nasional.net - Cara Mengisi Nilai UKG di Aplikasi Dapodik Untuk Integrasi SIM PKB Guru, Dalam hal ini nampaknya Integrasi Aplikasi Dapodik serta SIM PKB sudah terlaksana, karena kita dapat melihat dari instruksi guna memasukkan nilai UKG kedalam aplikasi dapodik. Dari halaman dapodikdasmen sudah diterangkan untuk para Guru yang sudah mengikuti UKG (Uji Kompetensi Guru) dengan memasukkan datanya ke aplikasi dapodik dalam menu Nilai Test. Untuk dapat memudahkan pengisian, kami akan berikan gambaran Bagaimana Cara Mengisi Nilai UKG di Aplikasi Dapodik mari kita simak di bawah ini.

Pentingnya Dengan Input Data UKG ke Aplikasi Dapodik.

  • Hal ini bertujuan untuk dipergunakan dalam proses integrasi aplikasi tunjangan (SIMTUN) dengan SIM PKB Guru.
  • Ternyata belum seluruhnya guru mempunyai NUPTK sehingga terdapat data yang tidak sesuai antara SIM TUN dan SIM PKB.
  • Untuk dapat mempermudah integrasi data, disamping itu perlu jembatan penghubung antara dua sistem tersebut, dibutuhkan nomor unik yaitu nomor peserta UKG.
  • Nomor peserta UKG tersebut di ambil sebagai nomor unik untuk identifikasi data individu setiap guru antar dua sistem khususnya bagi para guru yang belum atau tidak mempunyai NUPTK.
  • Nilai UKG ini tidak wajib di input di aplikasi Dapodik apabila nilai UKG belum dapat diketahui, untuk sementara dapat diisi dengan angka 0 (nol/kosong). Namun data terkait UKG tetap harus di isi dengan valid.

Mencari Nomor UKG

Nomor Peserta Uji Kompetensi Guru merupakan salah satu nomor unik yang dimiliki oleh setiap guru yang sedang mengikuti UKG, nomor ini biasanya diawali dengan tahun pelaksanaan UKG guru yang bersangkutan.

Karena nomor tersebut unik maka setiap guru mempunyai nomor unik ini serta mungkin dari setiap guru masih mempunyai kartu peserta UKG sehingga untuk dapat mengetahui nomornya cukup dilihat pada kartu tersebut. Untuk rekan-rekan yang lupa dengan nomor unik tersebut dapat dilihat dalam menu pencarian nomor UKP pada halaman SIM PKB Guru di (https://app.simpkb.id/akun/ptk) atau DISINI

Apablia diantara rekan-rekan semua belum terdaftar di SIM PKB dapat memahaminya dalam Cara Registrasi SIM PKB Guru. Nomor UKG setiap guru nanti akan dipergunakan sebagai dasar untuk melihat data Info GTK dalam layanan SIM PKB.

Apabila Nomor UKG tersebut dikosongkan dalam aplikasi dapodik maka guru belum bisa melakukan pengecekan di Informasi GTK yang terdapat dalam halaman SIM PKB, yang artinya informasi layak atau tidaknya memperoleh tunjangan profesi tidak dapat diperiksa kembali sehingga jika terjadi invalid tidak akan diketahui.

Login Pada Aplikasi Dapodik

Setelah Anda login dapat langsung menuju menu GTK, kemudian silahkan pilih nama GTK yang akan di isikan nilai serta nomor test UKGnya. Dengan Edit Data Rinci PTK Setelah memilih nama PTK selanjutnya pilih kembali menu Ubah untuk mengubah dan mengisi data UKG.

Isian Data UKG di Aplikasi Dapodik

Dalam menu data rinci pilihl sub menu Nilai Test kemudian pilih tombol tambah, dalam jenis test pilih UKG kemudian isi sesuai kolom.
  • Jenis Tes kemudian diisi dengan UKG
  • Nama kemudian diisi Ujian Kompetensi Guru
  • Penyelenggara kemudian diisi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  • Tahun sesuaikan dengan data masing-masing (Misalnya 2016)
  • Skor Final atau Nilai UKG selanjutnya diisi sesuai dengan nilai UKG masing-masing (Jika tidak atau belum tahu silahkan kosongkan)
  • Nomor Peserta diisi sesuai nomor masing-masing (Misalnya 201610315716)

Simpan Serta Singkronkan Dapodik

Kemudian pastikan semua data sudah diisi dengan benar dan menyimpannya, berikutnya segera melakukan proses singkronisasi aplikasi dapodik ke server agar semua data UKG dapat segera diproses.

Dalam proses tersebut tentu tidak cepat karena setelah data diterima server aplikasi dapodik selanjutnya tinggal menunggu penarikan data oleh system SIM PKB, kemudian segera melakukan singkronisasi agar semua data dapat segera diproses sehingga dapat meminimalisasi permasalahan yang mungkit akan timbul dikemudian hari.

Dalam proses pengolahan data dari aplikasi dapodik sudah selesai maka nanti data tersebut akan terintegrasi dengan SIM PKB. Guru dengan mandiri dan dapat langsung memantau validasi data untuk tunjangan dalam setiap akun masing-masing.

Silahkan unduh file berikut ini untuk panduan lengkapnya.

Panduan Aplikasi Dapodik.pdf

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Mengisi Nilai UKG di Aplikasi Dapodik Untuk Integrasi SIM PKB Guru semoga bermanfaat dan terima kasih.