Senin, 02 Oktober 2017

Panduan Lengkap Tentang Pengelolaan Data GTK dan NUPTK Kemdikbud

Pengelolaan Data GTK dan NUPTK Kemdikbud

Nasional.net - Panduan Lengkap Tentang Pengelolaan Data GTK dan NUPTK Kemdikbud, Pada Kesempatan kali ini kami akan membahas teteng panduan lengkap pengelolaan data GTK dan NUPTK dari kemdikbud. Pengelolaan data GTK dan NUPTK sudah menjadi tanggung jawab besar pihak operator sekolah, dapat kita lihat dengan pemberian akses aplikasi yang khusus bagi akun sekolah. Didalam panduan yang kami bagikan mencakup Syarat dan Ketentuan Penerbitan NUPTK Baru, Perbaikan untuk Data Master GTK / PTK, Perbaikan untuk Data Foto GTK / PTK, Pengajuan Calon Penerima NUPTK Baru, Pengajuan Untuk Penonaktifan NUPTK serta  Pengajuan Verval Arsip GTK / PTK.

A. Syarat Dan Ketentuan Penerbitan NUPTK Baru

Dalam pemberian NUPTK baru untuk GTK yang perlu diperhatikan adalah syarat dan ketentuan penerbitan NUPTK baru. Berdasarkan isis surat edaran ditjen GTK nomor 14652 / B.B2 / PR / 2015 tentang penerbitan NUPTK baru untuk guru dan tenaga keerja dinas pendidikan pada satuan pendidikan formal serta non-formal, syarat mutlak pemberian nuptk baru untuk GTK harus memenuhi syarat dan ketentuan sebagai berikut.
  • Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah untuk jenjang pendidikan TK, SD, SMP, SMA, SMK, PLB.
  • PTK dalam Satuan Pendidikan Non-Formal, seperti KB / TPA / SPS, PKBM / TBM, Kursus, dan UPT.
  • Guru Pegawai Negeri Sipil, Calon Pegawai Negeri Sipil, Pengawas Pegawai Negeri Sipil, Guru bukan Pegawai Negeri Sipil.
  • PTK dalam Satuan pendidikan Non-Formal, seperti Pegawai Negeri Sipil, Calon Pegawai Negeri Sipil, Guru bukan Pegawai Negeri Sipil.
  • Sarjana / D4 dari LPTK / PTN yang sudah mempunyai program studi terakreditasi atau dari LPTK / PTS yang terakreditasi Kopertis setempat bagi guru dan tenaga kependidikan yang telah diangkat setelah Januari 2006
  • GTK yang aktif dalam aplikasi dapodikdasmen dan dapodik paud-dikmas dengan ketentuan sebegai berikut: A. Belum mempunyai NUPTK melalui proses verval GTK oleh PDSPK. B. Semua kandidat guru dan tenaga kependidikan calon penerima NUPTK sudah melengkapi persyaratan dengan mengunggah dokumen persyaratan melalui aplikasi verval GTK: Guru dan tenaga kependidikan Pegawai Negeri Sipil: SK CPNS / PNS dan SK Penugasan dari disdik, Guru dan tenaga kependidikan non Pegawai Negeri Sipil: satmikal di sekolah negeri: SK Pengangkatan dari Bupati/Walikota/Gubernur, satmikal di sekolah swasta: SK Pengangkatan Guru Tetap Yayasan selama 2 tahun secara terus menerus dihitung sampai dengan bulan Januari 2016 (SK tidak berlaku surut). C. Telah diverifikasi dokumen persyaratannya oleh dinas pendidikan Kabupaten / Kota / Provinsi, Ditjen GTK sesuai dengan kebijakan yang berlaku.
  • Bagi Guru yang aktif tidak dalam Dapodik (Guru Kemenag): A. Dapat diajukan oleh operator dinas pendidikan melalui aplikasi verval GTK. B. Belum mempunyai NUPTK melalui proses verval GTK oleh PDSPK Kandidat guru penerima NUPTK baru melengkapi persyaratan dengan mengunggah dokumen persyaratan melalui aplikasi verval GTK: Guru Pegawai Negeri Sipil, SK CPNS/PNS serta SK Penugasan dari dinas pendidikan; Guru non Pegawai Negeri Sipil: satmikal di sekolah negeri: SK Pengangkatan dari Bupati / Walikota / Gubernur; satmikal di sekolah swasta: SK Pengangkatan Guru Tetap Yayasan selama 2 tahun dengan terus menerus dihitung sampai dengan bulan Januari 2016 (SK tidak berlaku surut). C. Sudah diverifikasi dokumen persyaratannya oleh dinas pendidikan Kab/Kota/Provinsi, Ditjen GTK sesuai kebijakan yang berlaku.

Dalam proses penentuan prioritas calon penerima nuptk baru dapat juga dilakukan oleh sistem sehingga jika gtk dinyatakan memenuhi syarat secara otomatis akan menjadi calon penerima nuptk baru pada halaman vervar gtk.

Apabila melakukan pengelolaan data gtk operator sekolah harus masuk pada halaman verval gtk kemdikbud terlebih dahulu dengan memasukkan password dan username yang sudah didaftarkan pada aplikasi SDM (http://sdm.data.kemdikbud.go.id/).

B. Cara Melakukan Login Verval GTK 

Untuk dpat melakukan login ke dalam aplikasi verval GTK silakan Anda lakukan langkah sebagai berikut:
  • Pertama buka aplikasi web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, lalu masukkan alamat http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id di address bar.
  • Masukkan password dan username yang sudah terdaftar di aplikasi SDM, lalu klik tombol Login. Setelah berhasil login, akan segera tampil halaman depan aplikasi verval GTK dengan pesan pembuka sebagai berikut.
    • Verval PTK Versi 1.5
    • Perbaikan data master dipisah dengan upload photo.
    • Perbaikan verval arsip, dokumen yang diupload hanya ijazah terakhir.
    • Pastikan data Anda telah diisi penugasan pada dapodik.
    • Data master ptk masuk 1 hari setelah sekolah melakukan singkronisasi.

Apabila pesan diatas telah muncul berarti Anda sudah berhasil masuk ke dalam aplikasi verval gtk kemdikbud. Pada dashboard tesebut sudah terdapat empat menu pokok penting  antara lain data ptk, pengelolaan, nuptk, pengelolaan, serta logout.

C. Pengelolaan Aplikasi Verval GTK

Dalam aplikasi ini ada lima tugas yang harus dilakukan oleh operator sekolah antara lain.

1. Perbaikan Data Master GTK
Nama serta tanggal lahir gtk dalam aplikasi dapodik statusnya di kunci dan untuk memperbaiki kesalahan kedua data tersebut jaru melalui verval gtk. GTK harus dapat melengkapi dan memperbaiki data master dengan dibantu oleh Operator Sekolah dengan aplikasi verval GTK. Data master diantaranya adalah Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, NIK, Jenis Kelamin, dan Nama Ibu Kandung. Perbaikan data master sudah dijelaskan dengan tahapan sebagai berikut:
  • Buka menu Perbaikan Data Master
  • Klik tombol Pilih PTK, serta pilih data GTK yang akan diperbaiki, lalu tekan tombol OK
  • Perbaiki data sesuai dengan dokumen bukti yang telah diajukan, kemudian upload scan asli dan berwarna dokumen bukti.
  • Semua data harus diisi dengan benar, lalu klik tombol Pengajuan Perubahan.
  • Data pengajuan perbaikan data master terkirim ke Dinas Pendidikan untuk dapat diverifikasi dan validasi.
  • Dokumen yang dapat dijadikan dasar perubahan diantaranya adalah kartu keluarga, akte kelahiran, buku nikah, ktp atau ijazah. File asli di pindai / scan dengan format .jpg atau .png dengan ukuran maksimal 1MB.
  • Setelah mengajukan perbaikan, GTK melalui operator sekolah akan dapat melihat status perbaikan data master yang sudah diajukan di menu Status Perbaikan Data Master. Status perbaikan data master sesuai dengan kondisi pengajuan antara lain adalah Dalam Antrian, Perubahan Berhasil, atau Perubahan Ditolak Disertai Alasannya.
  • Status Perbaikan Data Master dapat dilihat dengan tahapan sebagai berikut:
  • Buka menu Status Perbaikan Data Master. Lalu perhatikan kolom status. Apabila statusnya Dalam Antrian, artinya data pengajuan sudah masuk ke Dinas Pendidikan setempat dan menunggu untuk proses disetujui atau ditolak. Jika statusnya Perubahan Berhasil, artinya pengajuan sudah disetujui oleh Dinas Pendidikan setempat. Begitu pula sebaliknya apabila statusnya Perubahan Gagal, artinya pengajuan tidak disetujui oleh Dinas Pendidikan setempat kemudian segera lihat alasan penolakannya untuk diperbaiki kembali. Operator Sekolah menginformasikan status perbaikan data master kepada GTK tersebut.

2. Perbaikan Photo GTK
GTK dapat melengkapi dan memperbaiki photo dengan dibantu oleh pihak Operator Sekolah dalam aplikasi verval GTK. Photo yang diunggah adalah pas photo terbaru dengan ukuran file maksimal 200kb. Untuk perbaikan photo akan kami jelaskan dalam tahapan berikut ini.
  • Silahkan buka menu Perbaikan photo
  • Kemudian klik gambar photo untuk memilih data guru yang akan dilengkapi serta diperbaiki photonya.
  • Selanjutnya unggah photo GTK dan bandingkan dengan photo KTP.
  • Berikutnya pastikan photo telah terunggah dengan benar, lalu klik tombol Upload Dokumen.

3. Verval Calon Penerima NUPTK Baru
Dalam melakukan Verval Calon Penerima NUPTK Baru, GTK yang telah masuk daftar calon penerima NUPTK dan memenuhi persyaratan akan dapat mengajukan calon penerima NUPTK melalui operator sekolah. Kemudian Operator sekolah akan men-scan dan mengunggah dokumen persyaratan yang asli melalui aplikasi verval GTK.

4. Pengajuan Penonaktifan NUPTK
Dalam Penonaktifan NUPTK untuk PTK yang sudah non-aktif sangatlah penting, dikarenakan dengan penerbitan nuptk baru dimana salah satu elemen penting pemberian nuptk baru adalah rasio kebutuhan nuptk, dalam artian jika tidak dinonaktifkan maka sistem masih mendeteksi jumlah nuptk aktif yang tidak akurat, sehingga bisa mengulangi kuota nuptk baru kabupaten dan kota setempat.

GTK dapat menonaktifkan NUPTK dengan dibantu oleh pihak operator sekolah dengan melampirkan dokumen penonaktifan NUPTK. Dokumen penonaktifan NUPTK yang dilampirkan adalah sebagai berikut.
  • Terdapat Surat pernyataan bermaterai Rp. 6000 dan ditandatangani GTK yang bersangkutan dengan alasan menonaktifkan NUPTK (misalnya: menjadi Dosen).
  • Terdapat Surat pengantar Kepala Sekolah
  • Terdapat Surat persetujuan dari Dinas Pendidikan.
  • Pihak Operator Sekolah men-scan dan mengunggah dokumen penonaktifan yang asli melalui aplikasi verval GTK:
  • Buka menu Penonaktifan NUPTK Masukkan NUPTK yang akan dinonaktifkan.
  • Kemudian Klik tombol pilih PTK.
  • Lalu Pilih data PTK yang akan dinonaktifkan, kemudian klik tombol OK.
  • Selanjutnya Pilih dan upload scan asli dan berwarna dokumen penonaktifan NUPTK.
  • Pastikan dokumen telah ter-upload dengan benar, selanjutnya klik tombol Pengajuan NUPTK.
  • Semua Data pengajuan penonaktifan NUPTK akan terkirim ke Dinas Pendidikan untuk dapat diverifikasi dan validasi.

5. Pengajuan Verval Arsip GTK
GTK akan dapat melengkapi semua data arsip dengan dibantu oleh pihak Operator Sekolah dengan melampirkan dokumen bukti. Dokumen bukti tersebut antara lain ialah: KTP, SK PNS/CPNS/GTY, SK Penugasan dari Dinas Pendidikan (untuk PNS), serta Ijazah terakhir. Pihak Operator Sekolah akan men-scan dan meng-upload dokumen bukti yang asli melalui aplikasi verval GTK:
  • Silahkan buka menu Verval Dokumen kemudian Verval Arsip.
  • Kemudian pilih data PTK yang ingin diajukan, lalu klik tombol Upload Dokumen Verval Arsip.
  • Berikutnya pilih dan upload scan asli dan berwarna KTP, SK PNS/CPNS/GTY,SK Penugasan dari Dinas Pendidikan (untuk PNS), serta Ijazah terakhir .
  • Tinjau dan pastikan seluruh dokumen sudah ter-upload dengan benar, lalu klik tombol Upload Dokumen.
  • Pengajuan Verval Arsip dari Sekolah akan diproses didalam PDSPK.
Download Panduan Lengkap Verval Data GTK dan NUPTK Kemdikbud File .pdf

Demikan telah kami sampaikan secara lengkap tentang Panduan Lengkap Tentang Pengelolaan Data GTK dan NUPTK Kemdikbud semoga dapat membantu rekan-rekan yang membutuhkan dan bermanfaat tentunya, sekian dan terima kasih.